VGA Terbaru GeForce GTX 980 & GTX 970: Super Kencang, Super Irit dari NVIDIA

Nvidia meluncurkan dua kartu grafis tercepatnya, masing-masing 5 dan 4 teraflop dan ditujukan untuk highend gamer. 19 Sepetember 2014 NVIDIA resmi mengeluarkan dua produk graphics card generasi terbaru mereka berbasiskan aristektur GPU Maxwell yaitu GeForce GTX 980 dan GeForce GTX 970.





GeForce GTX 980 dan 970 merupakan GPU (Graphics Processing Unit) desktop paling cepat dari Nvidia. GPU teranyar ini ditujukan untuk gamer yang memainkan game dengan tampilan 4K maupun virtual-reality gaming yang menggunakan headset.

Menurut Nvidia, kedua GPU menggunakan arsitektur Maxwell generasi kedua. Untuk meningkatkan kemampuan gaming, dilakukan peningkatan via hardware dan software. GTX 980 memiliki 2.048 processing core dengan clock speed maksimum 1,2GHz. Sementara itu GTX 970 memiliki 1.664 core dan clock speed maksimum 1,17GHz.

GTX 980 memiliki kecepatan 5 teraflop dan membutuhkan daya 165 watt. GPU sebelumnya, GTX 780, berkinerja 4 teraflop dan mengonsumsi daya 250 watt. Sementara itu GTX 970 berkinerja 4 teraflop dengan kebutuhan daya 145 watt. Jadi generasi baru ini lebih efisien pada penggunaan power tetapi dengan kinerja yang lebih tinggi.

Kedua GPU memiliki memori 4GB GDDR5 dan merupakan yang pertama mendukung standar HDMI 2.0 dan video 4K. Encoding dan decoding via hardware untuk video 4K berdasarkan pada format H.265 (HEVC).

Selain berkinerja tinggi, menurut Nvidia GPU tersebut juga meningkatkan kualitas citra game kelas low-end. GPU dapat menampilkan gambar berkualitas 4K pada layar 1080p dengan filtering dan meningkatkan kualitas pixel. Peningkatan pixel semacam ini dilakukan melalui feature Dynamic Super Resolution yang diakselerasi oleh hardware sehingga mengurangi beban pengolahan pada CPU. Feature ini otomatis aktif dan dapat dinonaktifkan menggunakan sotware GeForce Experience.

Feature lainnya  yang menarik adalah Voxel Global Illumination yang mempermudah perancangan game. Feature ini memungkinkan cahaya memantul di berbagai permukaan. Misalnya, bagaimana GPU menampilkan pantulan cahaya lampu ke dinding dan permukaan lainnya di dalam sebuah ruangan. Biasanya lighting secara virtual semacam itu pada game dapat dibuat tetapi menggunakan pengolahan pada prosesor. Kini hal itu dilakukan pada GPU, sehingga mengurangi beban CPU.

Nvidia juga menyertakan feature yang membuat streaming dan broadcasting untuk game lebih cepat dan mudah. Feature ini membuat penyiaran (broadcasting) game-play pada Twitch.tv, layanan live video-game streaming yang telah diakuisisi oleh Amazon.

Tidak sampai disitu saja, NVIDIA pun sudah menetapkan kisaran harga jual untuk dua graphics card tersebut. Jangan sampai terkejut! GeForce GTX 980 (US$549) dan GTX 970 (US$329) akan dikapalkan bulan ini juga. Kedua GPU ini bersaing dengan chip grafis Radeon R9 dari AMD.

0 comments:

Post a Comment